Kamis, 10 Maret 2016

SAKSI 2016

SAKSI yang singkatan dari Studi dan Apresiasi Kepemimpinan Siswa Indonesia adalah acara yang wajib di ikuti oleh seluruh kelas 7 SMP Labschool Jakarta. Kebetulan angkatan saya melaksanakan SAKSI di tempat yang berbeda dari sebelum nya. Acara SAKSI sebelum nya biasanya di laksanakan di Sangga Buana, Karawang. Tetapi angkatan 24 melaksanakan SAKSI di Dodiklatpur Rindam Jaya, Gunung Bunder. Sebelum melaksanakan SAKSI, kami melaksanakan PRA-SAKSI. PRASAKSI di laksanakan dari tanggal 1-3 februari.
PRASAKSI pertama.

            PRASAKSI pertama kami melaksanakan sekitar jam 1 di teater kecil SMP Labschool Jakarta. Kegiatan PRASAKSI itu dipimpin oleh kakak osis mpk PRANAJENDRA dan beberapa panitia guru. Saat PRASAKSI pertama, kami disuruh mencatat semua ukuran tongkat dan vandal yang di kerjakan besok. Tongkat pegang oleh ketua & wakil dan Vandel hanya di pakai oleh ketua kelompok saja.
PRASAKSI kedua.
            Pada saat PRASAKSI kedua, kami disuruh memakai baju angkatan. Awalnya, kami akan melaksanakan lari pagi. Tetapi cuaca sangat tidak mendukung. Akhirnya kami tidak melaksanakan lari pagi, hanya kita tetap melaksanakan senam pagi di hall masjid. Setelah itu, kami langsung diarahkan untuk ke auditorium untuk mendapat materi dari pak Arief Rachman. Setelah di beri materi oleh pak Arief, kami diarahkan untuk kelapangan. Kami mendapat materi PBB dari kakak osis mpk PRANAJENDRA. Acara itu mulai sekitar jam 7 pagi selesai jam setengah 10 pagi. Kami diberi waktu untuk istirahat. Setelah istirahat, kami disuruh berkumpul bersama kelompok masing-masing dan membuat vandal. Setelah membuat vandel, jam 1 siang kami mengecat tongkat. Kami diberi waktu sampai jam 3 untuk mengecat tongkat. Kami hanya disuruh membawa kuas ukuran 8-12 dan amplas untuk tongkat bambuu. Cat sudah di sediakan oleh kakak osis mpk PRANAJENDRA
PRASAKSI ketiga.
            Pada hari ketiga ini, kami disuruh memakai baju olahraga. Pagi itu, kami lari pagi karna cuaca sangat mendukung untuk lari pagi. Sehabis itu, kami melaksanakan materi PBB lagi yang di berikan oleh kakak osis PRANAJENDRA. Setelah materi PBB, kami di beri materi BNN di auditorium. Sehabis itu kami diarahkan ke hall masjid untuk melanjutkan mengecat tongkat. Kami mengecat tongkat dari jam 10 hingga pulang sekolah. Lalu kami dibagikan baju SAKSI yang di pakai saat hari ke 2 SAKSI.
Hari kamis, kami tidak ada PRASAKSI. Waktu itu diberikan untuk persiapan SAKSI. Tetapi saat istirahat kedua, kami disuruh kumpul di hall masjid untuk briefing SAKSI sebentar. SAKSI di laksanakan pada tanggal 5-7 februari. Di Dodiklatpur Rindam Jaya, Gunung Bunder.

SAKSI hari Pertama.
            Jum’at, 5 februari 2016. Kami kumpul di labschool dan memakai baju pramuka. Sebelum berangkat kami melakukan apel pagi di hall masjid SMP Labschool Jakarta. Setelah itu kami langsung menuju ke Lapangan Utama SMA Labschool Jakarta untuk berangkat ke Gunung Bunder dengan tronton. Sesampai disana, kami langsung menuju barak. Sehabis itu kami langsung makan. Kami tidak makan seperti yang kami lakukan dirumah. Melainkan makom atau makan komando. Seharusnya, kami makan komando di depan barak. Tetapi, agak sedikit gerimis jadi kami semua makom di barak masing masing. Sehabis makan, kami langsung diarahkan menuju aula untuk acara ular ular gitu deh. Kami di kasih tau bagaimana caranya bila kita tergigit ular. Sehabis itu, kami di beri snack kecil-kecilan. Lalu, kami langsung melanjutkan acara dengan parade busana oleh perwakilan kelompok masing-masing. Kami melaksanakan itu semua dari pukul 1 siang sampai 5 sore. Selesai acara parade busana, kami semua menuju barak masing-masing. Kami disuruh bersih-bersih diri. Sehabis itu kami menuju aula lagi untuk melaksanakan sholat maghrib dan isya disana. Lalu kami diberi materi oleh pelatih dari sana. Akhirnya kami sampai barak lagi sekitar jam 10 malam.
SAKSI hari kedua.
            Sabtu, 6 februari 2016 kami di bangunkan sekitar jam 5 pagi untuk melaksanakan sholat subuh. Sehabis itu, kami disuruh merapihkan barak. Sekitar jam setengah 6 pagi, kami makan komando lagi. Tetapi kali ini di depan barak. Setelah kami makan komando. Kami ke barak lagi untuk berganti baju. Kami ganti baju menjadi baju SAKSI. Baju SAKSI angakatan 24 berbeda dari pada angkatan sebelumnya. Ya, seperti nya emang angkatan 24 selalu berbeda dari angkatan yang lain hmm. Kami melaksanakan outbond sampai sekitar jam 2 siang. Lalu kami di beri kesempatan untuk berkumpul bersama orang tua masing-masing. Sehabis itu, kami disuruh berbaris lagi. Kami langsung di arahkan untuk menuju Air Terjun Curug Pangeran. Sehabis dari curug, kami menuju barak masing-masing untuk bersih diri. Lalu, kami diarahkan lagi untuk ke aula untuk sholat maghrib dan isya. Setelah itu, kami melaksanakan PENSI SAKSI. Kami melaksanakan acara itu dari pukul setengah 7 sampai 10 malam. Acaranya sangat meriah. Sehabis PENSI SAKSI kami menuju barak masing-masing dan tidur untuk terakhir kali nya di Gunung Bunder.

SAKSI hari ketiga.
            Minggu, 7 februari 2016 kami makan komandan lagi di depan barak. Tetapi posisi nya perempuan berhadapan dengan laki laki. Saya mendapat teman sekelas saya sendiri. Sehabis makan komando, kami ke barak untuk beres-beres dan berganti baju menjadi baju angkatan. Lalu, kami berkumpul lagi di Lapangan Utama untuk melalukan apel terakhir. Dan kami pun kembali ke tronton masing-masing untuk kembali ke SMP Labschool Jakarta. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar